PMII Banyuwangi Kecewa, DPRD Tak Penuhi Undangan Dialog Omnibus Law

Dialog Omnibus Law PC PMII Banyuwangi dengan tema
Dialog Omnibus Law PC PMII Banyuwangi dengan tema "Pro Kontra dan Manfaat Omnibus Law UU Cipta Kerja untuk Masyarakat Banyuwangi". (Dok. Foto: Preposisi.com)

Preposisi, Banyuwangi — Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Banyuwangi menggelar Dialog Pro Kontra dan Manfaat Omnibus Law UU Cipta Kerja untuk Masyarakat Banyuwangi, pada Jumat (20/11/2020).

Dialog yang diselenggarakan di Hotel Kokoon Banyuwangi, ini mengundang Kasat Intelkam Polresta Banyuwangi AKP Edy Priswanto, Ketua Lembaga Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LBH NU) Tedjo Rifa’i SH dan Fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi.

Sementara itu, 7 Fraksi DPRD Banyuwangi yang turut diundang dalam acara ini kompak tidak hadir sebagai narasumber Dialog Omnibus Law UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020.

Mandataris Ketua Umum Cabang PMII Banyuwangi sahabat Syaifurrohman, mengaku kesal dengan perilaku fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi yang tidak beriktikad baik memenuhi janji untuk berdialog dengan sahabat-sahabat PMII Banyuwangi.

Menurutnya, kader-kader PMII Banyuwangi sangat menginginkan kehadiran wakil rakyat DPRD Banyuwangi pada dialog Omnibus Law ini.

“Kami sangat kecewa dan menyayangkan atas prilaku fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi, bagaimana rakyat bisa percaya, rakyatnya memanggil soal-soal yang membutuhkan penjelasan dari legislatif, tapi tidak bisa memenuhi undangan. kalau seperti ini fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi merendahkan martabatnya sendiri,” ujar Syaifurrohman Alumnus Universitas PGRI Banyuwangi ini.

“Dengan dalih apapun, ketidakhadiran legislatif dalam dialog yang kita selenggarakan ini adalah sebuah pembuktian, bahwa DPRD Banyuwangi tidak bersama Rakyat,” imbuhnya.

Berdasarkan pernyataan Moderator Dialog, Joharul Fatoni, kader-kader PMII Banyuwangi ini butuh penjelasan dari unsur legislatif untuk menyeimbangkan alur dialektis peserta Dialog. Setidaknya anggota fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi ini menjadi pencerah atas kegundahan peserta dialog Omnibus Law saat ini.

Sekadar diketahui, acara dialog ini dihadiri oleh Kompol Edi Priswanto, S.sos (Kasat Intelkam Polresta Banyuwangi), Ir. Wahyudi (Mantan Ketua DPRD Banyuwangi 2004-2009), Tedjo Rifa’i (Ketua LPBH NU Banyuwangi) dan bangku kosong (Fraksi-fraksi DPRD Banyuwangi).