PMII Buleleng Gelar Webinar Bahas Manfaat dan Efektifitas Bantuan Sosial Tunai

Tangkapan layar WEBINAR PC PMII Buleleng. (Foto: Preposisi.com)

Preposisi, Buleleng — Pengurus Cabang (PC) PMII Kabupaten Buleleng menggelar Webinar dengan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dan Kepala Pos Indoesia Kota Singaraja dengan mengangkat tema “ Manfaat dan Efektifitas Distribusi Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat Kabupaten Buleleng” Sabtu (21/11/2020).

Webinar tersebut menghadirkan tiga narasumber, yakni Kepala Dinas Sosisal Kabupten Buleleng, Putu Kariman Putra, S. Sos. MM, Kepala PT Pos Indonesia Kota Singaraja, Kamarudin Suman, dan Demesioner PC PMII Buleleng, Ahmad Nur Amin.

Kepala Dinas Sosial KAbupaten Buleleng, Putu Kariman Putra menyampaikan bahwa Bantuan Sosial Tunai ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan saat pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan setiap hari untuk keberlangsungan hidup.

Sementara itu, Kamarudin Suman selaku kepala Pos Indonesia Kota Singaraja menyampaikan Tugas Pos Indonesia untuk menyalurkan bantuan yang diprogramkan oleh Kementerian Sosial.

Menurutnya, data yang diproleh oleh Pos Indonesia sudah berdasarkan data dari Dinas Sosial yang ada di kabupaten masing-masing terutama di kabupaten Buleleng sehingga tidak ada tumpangtindih data atau data ganda.

Namun, dalam pelaksanaan yang ada di masyarakat terjadi hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kementerian sosial.

“Hal yang banyak terjadi dimasyarakat adalah Bantuan Sosial Tunai yang tidak tepat sasaran, kedua adanya data ganda yang terjadi karena tidak ada perubahan data lama sehingga banyak masyarakat yang tidak dapat karena tidak terdata,” kata Kamarudin.

Demisioner PC PMII Buleleng, Ahmad Nur Amin menyebutkan saat masyarakat mengkonfirmasi kepada pihak desa tentang pendataan penerima bantuan.

“Pihak desa hanya meberikan jawaban bahwa data yang mendapatkan bantuan itu berdasarkan data dari Kementerian Sosial yang di serahkan ke masing-masing daerah, ujarnya.

“Dengan adanya diskusi WEBINAR ini kita jadikan sebagai media aspirasi masyarakat melalui pemuda yang sudah terjun ke lapangan untuk mengetahui kondisi yang ada di masyarakat terhadap Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,” unkap Ketua PC PMII Buleleng Ahmad Fanani.