Mahasiswa KKN 21 UNEJ Berdayakan Ibu-Ibu Aisyiah Membuat Blogger dan Hand Sanitizer

  • Whatsapp

Lumajang, PreposisiDesa Tegaldlimo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo ujung selatan wilayah Kabupaten Banyuwangi. Desa Tegaldlimo terdiri dari 4 dusun diantaranya yaitu Dusun Sumberluhur, Dusun Sumbermulyo, Dusun Sumberdadi dan Dusun Sumberrejo, di Desa Tegaldlimo tepatnya dusun Sumberluhur merupakan lokasi mahasiswa KKN 21 dalam melaksanakan program kerja karena di dusun sumberluhur merupakan dusun asli domisili mahasiswa serta lokasi tersebut memiliki potensi yang mendukung dengan program yang direncanakan oleh mahasiswa KKN 21.

Dalam KKN Back to village Universitas Jember 2020, mahasiswa memiliki sasaran atau mitra yaitu komunitas ibu-ibu pengajian Aisyiah ranting Tegaldlimo, dalam melaksanakan program kerja mahasiswa memiliki dua program kerja yaitu 1) melakukan pendampingan dan pelatihan mengenai pembuatan media informasi blogger dan; 2) pendampingan dan pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami, tujuan adanya program kerja yang pertama yaitu agar ibu-ibu menjadi bisa memanfaatkan media informasi blogger dan agar komunitas tersebut dapat mengupdate kegiatan melalui blog yang telah dibuat serta tujuan dari program kerja yang kedua yaitu agar ibu-ibu bisa membuat hand sanitizer sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, karena dilingkungan desa Tegaldlimo terdapat banyak bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer. Kegiatan pendampingan dilakukan mulai tanggal 16 juli – 01 Agustus 2020. Pendampingan dan pelatihan dilakukan dengan sistem door to door yaitu bertempat di rumah mitra karena mengingat pembatasan sosial untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19. Selama melaksanakan program kerja tersebut mahasiswa didukung oleh pemerintah desa dan ketua RT setempat karena program tersebut dirasa cukup bermanfaat bagi mitra atau sasaran.

Pelaksanaan program kerja yang pertama yaitu pendampingan dan pelatihan pembuatan blogger. Mahasiswa mengadakan pelatihan mengenai desain blog dan cara menulis serta mengisi konten blog seputar covid-19, pelatihan diadakan sebanyak 2x dengan jumlah mitra 2 orang. Mitra atau sasaran yang awalnya belum mengenal apa itu blog dan belum mengerti cara menulis konten kini mereka sudah tahu dan bisa walaupun belum ahli 100%. Pelaksanaan program kerja yang kedua yaitu mengenai pendampingan dan pelatihan dalam pembuatan hand sanitizer berbahan alami. Mahasiswa mengadakan pelatihan dan pendampingan sebanyak 1x, bahan-bahan yang dipakai adalah bahan yang ada disekitar rumah seperti lidah buaya, daun kemangi dan jeruk nipis.

Pelaksanaan program KKN tematik inovasi teknologi/informasi dalam penanganan covid-19 berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Mahasiswa mengharapkan agar program kerja yang telah diterapkan kepada mitra dapat dilanjutkan khususnya program kerja pemanfaatan media informasi blogger. Mahasiswa siap membantu apabila program kerja tersebut dilanjutkan, sehingga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan berguna bagi komunitas kedepannya (Alfina Uswatun H./KKN 21/Banyuwangi/Agustina Dewi).

Related posts